Makalah Sisitem Pencernaan


PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan tubuh dan hubungan bagian-bagiannya satu sama lain. Sedangkan fisiologi berkaitan dengan fungsi atau kerja tubuh manusia dalam keadaan normal.  Saat struktur tubuh manusia dan fungsinya berkoordinasi, tubuh mendapatkan keseimbangan dari lingkungan di dalam tubuh yang disebut homeostasis (keseimbangan). Pada kondisi yang normal, homeostatsis didukung oleh mekanisme adaptif dari otak ke bahan kimia yang disebut dengan hormon yang disekresikan oleh berbagai organ yang langsung masuk ke dalam aliran darah.  Homeostatis mengatur mekanisme seperti tekanan darah, suhu tubuh, pernafasan, dan nadi.
Tiap tubuh manusia membutuhkan oksigen, nutrisi, suhu tubuh yang normal, dan tekanan atmosfer yang normal, sehingga tubuh manusia harus memiliki homeostasis yang mampu dipertahankan agar dapat mempertahankan keseimbangan tubuh dalam jangka yang normal. Sehingga untuk mendukung keseimbangan tersebut, terdapat berbagai macam sistem organ, antara lain : sistem integument, sistem skeletal, sistem muskulo, sistem saraf, sistem endokrin, sistem kardiovaskular, sistem respirasi, sistem lymphatic, sistem urinary, sistem reproduksi, dan sistem pencernaan. Masing-masing dari sistem orgam memiliki organ masing-masing yang bekerja sama dalam menstabilkan keadaan tubuh secara bersamaan. Fungsi dari tiap sistem organ yaitu metabolisme, organization, kemampuan dalam bereaksi, pergerakan tubuh, perkembangan, dan reproduksi.
Salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh adalah nutrisi. Nutrisi yang diperoleh dari luar akan masuk ke dalam tubuh dan disebarkan ke dalam tubuh agar nutrisi yang diperoleh mampu mempertahankan homeostasis tersebut. Sistem organ yang mampu mencernaa nutrisi tersebut adalah sistem pencernaan (digestive system), dimana dengan bantuan sistem sirkulasi, bekerja seperti “gigantic meals on wheels” yang memberikan makanan pada miliaran sel di dalam tubuh. Sistem ini menyediakan air , elektrolit, dan nutrisi yang lain. sistem pencernaan terdiri dari organ seperti, kaviti oral, faring, esofagus, perut, usus kecil, dan usus besar. Dimana oragn tersebut melakukan tugasnya masing-masing seperti mencerna, absorbsi, dan mengririmkan nutrisi ke dalam seluruh tubuh.

1.2   Tujuan
1.2.1        Tujuan Umum
Untuk mengetahui dan memahami anatomi dan fisiologi dari sistem pencernaan tubuh manusia.
1.2.2        Tujuan Khusus
o   Untuk mengetahui dan memahami tentang macam-macam bagian dari sistem pencernaan beserta fungsi dari organ yang termasuk dalam sistem pencernaan
o   Untuk mengetahui dan memahami tentang mekanisme pencernaan yang terjadi di dalam tubuh manusia.
1.3   Rumusan Masalah
1.    Organ apa saja yang termasuk di dalam sistem pencernaan tubuh manusia ?
2.    Apa fungsi dari tiap organ yang termasuk di dalam sistem pencernaan tubuh manusia ?
3.    Bagaimana mekanisme pencernaan yang terjadi di dalam tubuh manusia ?

0 Komentar